Minggu, 01 September 2019

Narasi dan video tutorial STT dan TTS konten 1 dan konten 2 rumahbelajar.id

TUGAS VCT BACT 5 WILAYAH BANTUL DIY 
RATNA WULANDARI/ SD 2 PANJANGREJO

Review rumahbelajar.id
Dibawah ini berisi narasi 2 konten yang ada di alamat url: https://rumahbelajar.id dan juga video tutorial STT dan TTS.





NARASI
KONTEN 1

BERKUNJUNG KE PABRIK


Judul Buku                   : Berkunjung  ke Pablik.
Contributor                    : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Sekolah Dasar.
Penulis                          : Ayu Sugati.
Ilustrator                         : Margono.
Penyunting Naskah    : Farika Pandji.
Penyunting Ilustrasi    : Grace Mailuhu.
Penyunting Bahasa    : Wahyu Kuncoro.
Buku berisi 36 halaman, dengan 13 halaman gambar pendukung.

Kelebihan :
·         Gambar pendukung ada 13 gambar, memudahkan pembaca dalam memahami isi buku.
·         Ada proses pembelajaran yang diawali dengan penemuan masalah. Dimana siswa belum mengerti dengan produksi pangan.

Kekurangan
·         Di halaman 3 terjadi pemborosan kata.
 Dimana pada paragraf tersebut penulis menjelaskan identitas tokoh yang ada di cerita, namun dalam penjelasnya terjadi pemborosan kata.
Seharusnya : Rina berusia delapan tahun. Ia anak yang periang, ramah, pintar, dan tidak sombong. Semua orang menyukainya










Seharusnya : Rina berusia delapan tahun. Ia anak yang periang, ramah, pintar, dan tidak sombong. Semua orang menyukainya.

·         Pada halaman 5.  Kalimat yang disusun terjadi pemborosan  kata, sehingga pembaca sulit  memahami makna kalimat yang diinginkan penulis.

Seharusnya :
Orang  tua Rina memiliki kebun ubi  jalar. Ubi jalar sangat mudah ditanam dan dirawat. Rina sangat rajin membantu orang tuanya.


·         Halaman 5.
Struktur kata dalam penyusunan kalimat juga belum tepat sesuai subyek+ predikat+obyek+keterangan.

Seharusnya :
Mereka siap memanen ubi jalar, sekarang.

·         Di halaman 9.
Guru perlu menjelaskan keterkaitan produksi pangan dengan sumber daya alam pertanian, yang ada di lingkungan sekitar dengan materi akan yang akan dijelaskan dengan produksi makanan. Guru dapat memberikan contoh yang lain tentang produksi pangan, sehingga pembaca mendapatkan informasi yang lebih jelas.

·         Pada halaman 15.
Penempatan konjungsi, kata lalu kurang tepat, karena terjadi pengulangan kata lalu, lebih dari satu kali. Seharusnya diganti kata kemudian.

Seharusnya :
Pertama, ubi jalar dikupas, dicuci, lalu diparut, “ jelas manajer pabrik.
“Kemudian, ubi jalar yang sudah diparut dicampur dengan air, “ jelasnya.




KONTEN 2



ADEL SAKIT APA, YA?





Judul buku                         : Adel Sakit Apa Ya?
Contributor                         : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan Sekolah Dasar.
Penulis                               : Rachfri Kirihio.
Buku ini berisi  36 halaman, dengan 13 halaman berisi gambar pendukung.

Kelebihan :
·         Gambar pendukung ada 13 gambar, memudahkan pembaca dalam memahami isi buku.
·         Ada proses pembeajaran yang diawali dengan penemuan masalah atau stimulating.

Kekurangan:
·         Dihalaman 19.
Pemborosan kalimat, terjadi pengulangan kalimat “Adel sakit apa ya?”.
Di halaman tersebut seharusnya, ada penjelasan dari dokter kepada Mama Adel, untuk mengambil sample darah Adel dan kemudian diteliti lebih dalam di ruang  laoratorium. Untuk mengetahui informasi secara akurat penyakit yang diderita Adel. Berdasarkan bacaan di halaman tersebut, terkesan mama Adel yang mempunyai inisiatif ke laboratorium tanpa seizin dokter.

·         Di halaman 23.

Seharusnya, pak dokter jelaskan kepada mama Adel penyakit malaria itu apa? Penyebabnya apa? Bagaimana untuk cara mencegah atau mengobatinya? Dengan disertai gambar sebagai pendukung informasi. Sehingga pembaca mendapat informasi setelah membaca buku ini.




















VIDEO TUTORIAL STT DAN TTS review rumahbelajar.id.


  • Sistem Text-To-Speech (TTS) dapat didefinisikan sebagai sistem yang dapat mengubah suatu teks menjadi ucapan secara otomatis melalui fonetisasi (penyusunan fonem-fonem untuk membentuk ucapan).
  • Speech to text (STT) adalah suatu sistem yang mengubah ucapan audiovisual menjadi text yang sudah disimpan di dalam database. Sistem ini biasanya di gunakan di smartphone, sistem ini biasanya berfungsi untuk menulis text sms atau bahkan pencarian, sehingga memungkinkan para penggunanya dalam mempersingkat waktu dalam mengetikan kata-kata di smartphone, PC ataupun laptop yang terhubung dengan jaringan internet.


Langkah-langkah membuat STT dan TTS

  1. Buka googe chrome, pastikan perangkat anda (smartphone/laptop/notebook) terhubung dengan jaringan internet
  2. Ketik google translate 
  3. Atur deteksi bahasa, pilih bahasa Indonesia.
  4. Apabila bapak/ibu akan membuat STT maka mix pada sebelah kiri diaktifkan. Maka semua pesan yang di lisankan akan di deteksi oleh google translate dan tertulis secara teks di lembar kerja sebelah kanan.
  5. Apabila bapak/ibu akan membuat TTS atur terlebih dahulu deteksi bahasa, pilih bahasa Indonesia. Ketik semua pesan/informasi dalam bentuk teks pada lembar kerja sebelah kiri. Kemudian untuk mengubah menjadi dalam bentuk audio pada lembar kerja sebelah kanan paling bawah klik gambar speaker. Maka pesan audio akan terdengar.
  6. Selamat mencoba.

Dibawah ini adalah video tutorial STT dan TTS

  1. Video Konten 1, Berkunjung ke Pabrik
2. Video Konten 2, Adel Sakit Apa, ya?






http://bit.ly/STT-TTSratna2















0 komentar:

Posting Komentar